Selasa, 10 Maret 2015 By: Himabio UNY

Keindahan Surga Bawah Laut: CORAL

Laut, wilayah yang mendoninasi di bumi kita ini, 2/3 wilayah bumi merupakan wilayah lautan. Dibalik birunya laut tersimpan keindahan yang memesona mata dan hati kita. Organisme-organisme yang hidup dan menguasai lautan membentuk suatu pemandangan yang Indah.
Coral merupakan salah satu sumber keindahan bawah laut. Organisme ini menambah warna-warni yang menarik hati setiap pengunjungnya. Organisme karang yang disebut polip ini dapat hidup sendiri. Tetapi mereka juga dapat membentuk koloni dengan terumbukarang lain.
Polip karang merupakan organisme kecil bertubuh lunak seperti ubur-ubur dan anemon laut. Pada dasarnya mereka dapat membentuk kerangka yang kuat karena didalam tubuhnya terdapat kerangka kapur yang disebut calicle,yang membentuk struktur terumbu karang. Terumbu karang mulai tumbuh ketika polip menempel pada batu di dasar laut, kemudian membelah, atau mementuk tunas menjadi ribuan klon. Para calicles polip terhubung satu sama lain, menciptakan koloni yang bertindak sebagai organisme tunggal. Untuk membentuk sebuah koloni membutuhkan waktu  ratusan hingga ribuan tahun, mereka bergabung dengan koloni lain dan menjadi karang. Beberapa terumbukarang yang hidup saat ini merupakan terumbukarang yang telah hidup sekitar 50 juta tahu yant lalu.
                                                                                    
               Polip karang sebenarnya hewan transparan. Terumbu mendapatkan warna mereka dari miliaran alga zooxanthellae berwarna-warni yang hidup ditubuh terumbukarang. Ketika terjadi perubahan suhu atau pencemaran, karang akan mengusir alga-alga yang hidup ditubuh mereka, sehingga menyebabkan karang menjadi transparan, jika pencemaran tidak segera diatasi maka koloni-koloni terumbukarang tersebut dapat terbunuh.
               Karang hidup di perairan tropis di seluruh dunia, umumnya dekat dengan permukaan di mana sinar matahari bisa mencapai ganggang. Sementara karang mendapatkan sebagian besar nutrisi mereka dari produk sampingan dari fotosintesis ganggang, mereka juga memiliki duri, dan tentakel berbisa. Tentakel berbisa ini akan menonjol pada malam hari  untuk mengambil zooplankton dan bahkan ikan kecil.
            Salah satu habitat terumbu karang yang terindah di dunia adalah taman laut Wakatobi Sulawesi Tenggara. Wakatobi merupakan surga bagi para Diver karena keindahan taman bawah lautnya yang menakjubkan. Di Taman Laut ini terdapat 750 jenis spesies koral, sebuah jumlah yang menakjubkan karena didunia dikenal hanya sekitar 850 jenis spesies koral. Itu artinya 80% koral didunia bisa kita temukan hanya di satu tempat yaitu Taman Nasional Wakatobi.
Selain koral, Taman Nasional wakatobi juga di hiasi oleh kurang lebih 112 jenis karang dari 13 family seperti:
1. Acropora Formosa
2. A. Hyacinthus
3. Psammocora profundasafla
4. Pavona cactus
5. Leptoseris yabei
6. Fungia molucensis
7. Lobophyllia robusta
8. Merulina ampliata
9. Platygyra versifora
10. Euphyllia glabrescens
11. Tubastraea fronds
12. Stylophora pistillata
13. Sarcophyton throchelliophorum
14. Sinularia spp
15. Dan lain-lain


 Gambar Acropora Formosa

Ikan dengan berbagi jenis dan ukuran juga hadir serta ikut memeriahkan taman indah ini. Terdapat kurang lebih 93 jenis ikan hidup dan berenang bebas di antara terumbu karang Taman Nasional Wakatobi. Diantaranya adalah: Argus bintik  (Cephalopholus argus),Takhasang (Naso unicornis), Pogo-pogo (Balistoides viridescens), Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus),  Ikan merah (Lutjanus biguttatus), Baronang (Siganus guttatus), paus sperma (Physeter macrocephalus), Amphiprion melanopus, Chaetodon speculum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio caerularea, dan lain-lain.
               Jumlah terumbukarang di dasar laut kurang dari satu persen dari seluruh organisme yang hidup dilaut tetapi mendukung lebih dari 25% kehidupan dilaut. Namun banyak ancaman yang mengganggu kehidupan mereka, ilmuan memperkirakan bahwa faktor-faktor seperti manusia, polusi, pemanasan global, dan sedimentasi akan membunuh 30 persen dari terumbu karang yang ada dalam 30 tahun ke depan. Sangat menarik apabila bisa melihat langsung indahnya surga dibawah laut, apa lagi jika kita dapat memberi sesuatu dengan ikut melestarikan koral koral agar terjaga kehidupanya.
(neny reff  http://animals.nationalgeographic.com/animals/invertebrates/coral/ http://pesonanegeriku.com/surga-bawah-laut-di-wakatobi )