Senin, 14 September 2015 By: Himabio UNY

Mahasiswa Baru Sibuk Siapkan BGSL

     Mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Biologi UNY laksanakan Kuliah 1 dan 2  BGSL (Bio Games and Study Laboratory) di ruang Sidang II FMIPA UNY. Mahasiswa  baru angkatan 2015 sangat antuasias mengikuti kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat dari tertibnya acara dan kepatuhan mahasiswa baru dalam mengenakan dresscode yang ditetapkan oleh panitia BGSL.


     Pada Kuliah 1 BGSL, Mahasiswa baru dikenalkan dengan Birokrasi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, HIMABIO  (Himpunan Mahasiswa Biologi), BSG (Bospeleology Studien Gruppen), dan ARWANA (Arga Wana Setya Buwana). Sedangkan pada kuliah 2 BGSL mahasiswa baru dikenalkan dengan SDP (Study Development Program) Jurnalistik, Olahraga dan Seni, Leadership, dan Kewirausahaan. Dilanjutkan dengan pengenalan alat dan laboratorium Biologi.

     Kuliah 1 dan Kuliah 2 dilaksanakan untuk mempersiapkan kegiatan BGSL yang pelaksanaannya Minggu, 26 September 2015 sampai dengan Minggu, 27 September 2015 bertempat di Sinolewah, Sleman, Yogyakarta. Dalam kegiatan ini, Mahasiswa baru angkatan 2015 akan lebih dikenalkan dengan objek Biologi. Proses pengenalan ini dimulai dengan pengenalan lingkungan dengan menyatukan mahasiswa baru dengan alam. Mahasiswa akan beristirahat dan tidur di dalam tenda-tenda yang telah disediakan oleh panitia. 

     Mahasiswa baru angkatan tahun 2015 akan melaksanakan oubond, pensi  (Pentas Seni), games,  dan SL (Study Lboratory). Dalam setiap kegiatan mahasiswa baru, akan dipandu oleh pemandu yang merupakan mahasiwa dari angkatan 2013. Setiap kelompok dipandu oleh dua orang pemandu yang sudah sangat berpengalaman, telaten dan penyayang.

     Dalam mempersiapkan BGSL, mahasiswa baru lebih disibukkan dalam proses pembuatan co-card, pentas seni dan pencarian barang-barang yang harus di bawa ke lokasi BGSL. Co-card dibuat sesuai dengan nama kelompok yang merupakan nama spesies dari objek Biologi. Untuk pentas seni, dua kelompok menampilkan satu penampilan yang dibagi dalam enam jenis tampilan yaitu drama, akustik, tari, perkusi, video clip dan puisi bersambung. Saat ini kelompok BGSL rutin melakukan pertemuan untuk mempersiapkan BGSL. Aghnan Pramudihasan pemandu Rana macrodon berpesan "Banyaklah bermain, carilah pengalaman, jangan hanya berkutat dengan laporan karena banyak objek biologi yang perlu kita exsplore". (mayta)