Minggu, 23 Desember 2012 By: Himabio UNY

INDAHNYA BERBAGI (BAKSOS HIMABIO 2012)



Seperti tahun-tahun sebelumnya, Himabio FMIPA UNY periode 2012 kembali melaksanakan program kerja bakti sosial. Program kerja satu ini sudah menjadi program kerja rutin setiap tahunnya sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Jurdik Pendidikan Biologi kepada masyarakat.
Setelah melakukan survei beberapa kali untuk mencari lokasi, bakti sosial tahun ini akhirnya diadakan di dusun Trosari I, Tepus, Gunungkidul, DIY pada hari Kamis – Jumat, 25 – 26 Oktober 2012 berbarengan dengan hari raya Idul Adha. Dengan jumlah 87 kepala keluarga, kondisi masyarakat di daerah ini masih cukup memprihatinkan. Rata-rata mata pencahariannya sebagai petani, itu pun jika musim hujan saja. Tingkat pendidikannya masih cukup rendah. Rata-rata lulusan SMP setelah itu merantau keluar kota untuk bekerja.
Rangkaian acara ini dibuka bada maghrib dilanjutkan dengan acara pertama berupa pengajian akbar dengan warga setempat hingga malam di masjid dusun, yakni masjid Al-Ikhlas. Esok harinya, bertepatan dengan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1435 H, bersama- sama warga masyarakat para peserta dan panitia berjalan menuju lapangan Trosari II untuk melaksanakan sholat Id bersama-sama hingga terasa sekali kebersamaan dan kekeluargaan diantara kami. Usai melaksanakan sholat Id, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban yang alhamdulilah dari himabio ikut serta menyalurkan satu ekor sapi yang dibagikan secara merata kepada warga Trosari. Disela-sela penyembelihan, diadakan pula berbagai macam perlombaan, TPA dan out bond bersama anak anak kecil warga Trosari hingga siang hari. Sampai menjelang ashar, akhirnya bakti sosial ini sudah di penghujung acara. Dengan berat hati kami akhirnya melewati perpisahan setelah sebelumnya diadakan sesi penutupan berbarengan dengan makan bersama keluarga bapak dukuh Trosari di rumahnya.
Dengan dilaksanakannya bakti sosial himabio ini harapannya mampu mengembangkan sikap kepedulian dan kesetiakawanan mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi terhadap lingkungan dan masyarakat pada umumnya.