Minggu, 23 Desember 2012 By: Himabio UNY

HIMABIO Tanam Rumput



Himabio FMIPA UNY kembali melakukan bentuk kegiatan reboisasi. Kali ini fokus reboisasi ditujukan pada lingkungan kampus FMIPA UNY.
Berlatarbelakang dari lingkungan kampus yang perlahan mulai berubah gersang, HIMABIO berinisiatif melakukan reboisasi di lingkungan kampus. Tanam rumput adalah kegiatan yang dipilih sebagai bentuk kepedulian HIMABIO terhadap keasrian lingkungan kampus.
Kegiatan tanam rumput ini dilakukan di Kampus FMIPA UNY, tepatnya di halaman taman ormawa. Banyaknya pohon yang tumbang akhir-akhir ini membuat kondisi halaman taman ormawa menjadi gersang, panas dan berdebu. Kondisi taman ormawa yang seperti ini sungguh tidak disukai oleh seluruh mahasiswa karena tempat ini sudah biasa digunakan untuk berbagai macam kegiatan ormawa, semisal rapat dan pertemuan antar ormawa di FMIPA UNY.  Selain itu tempat ini juga menjadi salah satu tempat favorit bagi mahasiswa FMIPA untuk nongkrong atau sekadar berkumpul dan berdiskusi. Kegiatan tanam rumput diharapkan mampu menghijaukan kembali halaman taman ormawa agar lingkungan ormawa FMIPA kembali asri dan nyaman.
Prasetyo anggun pribadi (sekjend HIMABIO 2012), selaku penggagas sekaligus ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan reboisasi atau penghijauan sangat dibutuhkan di kampus tercinta ini. Pembangunan terus berlangsung dan semakin mengurangi jatah lahan untuk tempat hidupnya tanaman. Kita selaku mahasiswa haruslah mulai belajar peduli dengan lingkungan sekitar, termasuk kampus. Kita jangan hanya mengeluh dan terus menyalahkan orang lain atas gersangnya lingkungan kampus. Kita harus aktif dan melakukan tindakan nyata untuk melestarikan lingkungan kampus. Reboisasi tidak harus dilakukan dalam skala besar, akan tetapi justru lebih efektif jika dilakukan dalam skala-skala kecil.