Selasa, 19 April 2011 By: Himabio UNY

Stadium General SDP HIMABIO FMIPA UNY

Siap Luncurkan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi yang Kritis, Inovatif, dan Kreatif

Jum’at, 15 April 2011. Pukul 07.30 WIB, tepatnya di ruang seminar 208 (Gedung D07), acara langka yang dibidani oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi dimulai. Acara dibuka dengan penuh hikmat, meskipun waktu pelaksanaan mundur hingga 30 menit. Sekitar 27 mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi yang mayoritas berasal dari angkatan 2010, memadati ruangan ber-AC itu.

Dalam sambutannya, Wahyu Aji (Ketua HIMABIO periode 2011-red) mengatakan, SDP atau Student Development Programe merupakan fasilitas yang disediakan oleh HIMABIO sebagai sarana pengembangan potensi khususnya bagi mahasiswa-mahasiswa yang belum tergabung dalam kepengurusan HIMABIO.

Sejalan dengan Wahyu Aji, dalam materi SDP, Ari Murdiani (eks. Koordinator Bidang Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi HIMABIO 2009-red) juga menyampaikan pentingnya SDP di badan Jurusan Pendidikan Biologi. Karena melalui SDP, mahasiswa dapat mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki, serta menambah soft skill sebagai bekal hidup ke depan. Selain itu, terdapat harapan besar dari SDP yang telah terlaksana dapat meningkatkan rasa memiliki HIMABIO. Dalam materi tersebut, Ari juga menyebutkan beberapa macam SDP yang ada di HIMABIO, yakni SDP Orseni (Olahraga dan Seni), Aksos (Aksi Sosial), BIOLITIC (Biology Jurnalistic Club), Kewirausahaan, dan Penalaran.

Tidak berhenti di situ, materi pun berlanjut. Materi kedua disampaikan oleh Agung Wijaya, M.Pd, berisi materi motivasi dan pengembangan diri. Pengembangan diri tidak lepas dari proses perbaikan diri. Menurut Agung, perbaikan diri harus “dibuka” dengan pengenalan diri, sebagai refleksi diri dalam rangka peningkatan kualitas hidup. Sebagai mahasiswa, sudah seharusnya mengenali potensi dan bakat yang ada dalam diri. Sekilas kisah “motivasi” tentang perjuangan sejumlah mahasiswa Jurdik Biologi “terdahulu”, yang mau tidak mau harus berjuang sendiri mengembangan potensi dan bakat serta soft skill yang dimiliki karena belum adanya fasilitas yang tersedia, juga disampaikan oleh dosen Etologi tersebut, yang ternyata mampu membakar semangat para peserta SG SDP.



Pagi menjelang siang, acara sampai pada presentasi singkat dari masing-masing perwakilan SDP untuk mempublikasikan agenda-agenda (Proker) yang telah dirancang sebelumnya. Acara SG SDP yang berlanjut kurang lebih 3 jam ditutup dan diakhiri dengan pertemuan peserta dengan TIM SDP (dari panitia), dengan agenda pengenalan dan penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing SDP, serta perencanaan beberapa agenda SDP ke depan.


Bagaimana, sahabat? Bukankah ini adalah event langka yang ada di Jurusan Pendidikan Biologi kita tercinta? Apresiasi besar pantas diberikan kepada mahasiswa-mahasiswa yang hadir dalam event tersebut, karena semangat untuk mengembangkan potensi dan bakat, serta semangat berpartisipasi yang begitu tinggi. Begitu juga dengan panitia (Pengurus HIMABIO-red), semoga apa yang telah dilakukan tidak menjadi hal yang sia-sia dan bermanfaat bagi semua komponen yang ada di jurusan pendidikan Biologi.

Salam Lestari!
Salam Hijau!
(desi-BMIJ FIGHTER’S 2011)

1 komentar:

Shaim Basyari mengatakan...

waw..keren.... semoga SDPnya bisa brkmbg n memberi manfaat..